Translate

Universitas Keio - Perguruan Tinggi Tertua di Jepang penghasil politisi ternama di Jepang

Dari sekian banyak perguruan tinggi, Universitas Keio di Tokyo, mungkin dapat menjadi pilihan utama jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di Jepang. Selain merupakan universitas tertua di Jepang, Universitas Keio juga dikenal sebagai almamater sejumlah tokoh politik terkenal di Jepang, termasuk mantan PM Koizumi Junichiro, dan mantan ketua Partai Demokrat Jepang (Minshuto/DPJ) Ozawa Ichiro.


Tidak hanya politisi, tokoh Jepang terkenal lainnya yang merupakan lulusan Universitas Keio, antara lain pendiri surat kabar Asahi Shimbun Ueno Shoichi, pendiri surat kabar Yomiuri Shimbun Shoriki Toru, Presiden Direktur Toyota Toyoda Akio, Presiden Komisaris Warner Music Japan Ishizaka Keiichi, anggota boyband Arashi Sakurai Sho, dan aktor Mizushima Hiro.

Didirikan pada tahun 1858 oleh Fukuzawa Yukichi, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Modern Jepang, Keio Gijuku Daigaku atau Universitas Keio awalnya memang dikhususkan untuk mempelajari berbagai ilmu yang dari barat (Rangaku), khususnya Belanda.

Saat itu, Fukuzawa berpendapat, jika ingin menjadi orang yang berkuasa atau dihormati, seseorang tidak harus turun ke medan perang dan mengorbankan nyawanya, tapi cukup dengan belajar dan menyebarkan kembali ajaran yang telah diperoleh kepada orang lain tanpa memandang status atau usia.

Fukuzawa juga menanamkan motto “Calamvs Gladio Fortior”, yang berarti “pena lebih berkuasa dibandingkan pedang” kepada para siswanya. Motto inilah yang kemudian menjadi motto Universitas Keio sampai sekarang.

Awalnya, Universitas Keio hanya memiliki 3 fakultas, namun kini telah terdapat 10 fakultas tingkat sarjana, yakni Fakultas Sastra, Ekonomi, Hukum, Bisnis dan Perdagangan, Kedokteran, Sains dan Teknologi, Manajemen, Lingkungan dan Studi Informasi, Keperawatan dan Pemeliharaan Kesehatan, Farmasi, dan Kuliah dengan praktek korespondensi atau jarak jauh.

Universitas Keio juga menyediakan 14 program pasca sarjana, yakni untuk jurusan Sastra, Ekonomi, Hukum, Sosiologi, Bisnis dan Perdagangan, Kedokteran, Sains dan Teknologi, Administrasi Bisnis, Media dan Pemerintahan, Manajemen Kesehatan, Ilmu Farmasi, Desain Media, serta Desain Sistem dan Manajemen.

Terdapat 8 gedung kampus dengan gedung utama yang berlokasi di Kota Mita, yang hanya ditempati mahasiswa Jepang. Kampus lainnya berlokasi di Kota Hiyoshi, Yagami, Shinanomachi, Shonan Fujisawa, Shiba Kyoritsu, Shin-Kawasaki, dan Tsuruoka Town, satu-satunya kampus yang terletak di Prefektur Yamagata.

Menurut data yang tercatat per May 2010, jumlah mahasiswa asing yang melanjutkan kuliah ke Universitas Keio sebanyak 1,187 orang, dengan jumlah mahasiswa terbesar berasal dari Asia dan Eropa.

Bagi mahasiswa asing, tidak perlu khawatir kesulitan untuk menerima pembelajaran karena masalah bahasa, karena mata kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris. Namun bagi para mahasiswa asing disarankan untuk mengambil pendidikan bahasa Jepang dasar di Pusat Studi Internasional Keio, untuk memudahkan komunikasi saat kegiatan pembelajaran di kelas.

Universitas Keio juga menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi tidak terkecuali bagi mahasiswa asing, dan pengumuman mengenai beasiswa yang ditawarkan juga selalu dicantumkan dalam situs web Universitas Keio.

Bagi Anda yang berniat melanjutkan kuliah di Universitas Keio, dapat melihat informasi lebih lanjut dalam situs webnya di http://www.admissions.keio.ac.jp/encourage/top.html.
[HallloJepang]

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer