Translate

Origami (折紙)

Origami (折紙)merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Berasal dari kata 折"ori" yang berarti melipat dan 紙"kami" yang berarti kertas.

Secara sadar atau tidak sesungguhnya kita yang tinggal di Indonesia pernah mempelajari origami pada waktu kita masih berada di Taman Kanak-Kanak.

Mungkin kita menganggap origami sebagai sesuatu yang biasa dan tidak terlalu istimewa, akan tetapi jika kita sungguh-sungguh perhatikan origami merupakan kesenian yang sangat simple namun begitu mempesona. Di balik kesederhanaannya ternyata terkandung nilai seni yang sangat tinggi.

Sejarah origami tentu saja bermula sejak manusia mulai memproduksi kertas. Kertas pertama kali diproduksi di Tiongkok pada abad pertama dan diperkenalkan oleh Ts'ai Lun. Kemudian pada abad keenam seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (Semenanjung Korea) memperkenalkan kertas dan tinta di Jepang pada masa pemerintahan kaisar wanita Suiko. Sejak itu Origami menjadi populer dikalangan orang Jepang sejak turun-temurun. Origami menjadi satu kebudayaan orang Jepang dalam keagamaan Shinto. Kertas persegi dipotong dan dilipat menjadi lambang Dewa dan digantung di kota Jingu (Kuil Agung Imperial) di Ise sebagai bahan sembahan.

Salah satu keunikan origami terletak pada jenis kertasnya yang merupakan kertas lokal Jepang yang disebut Washi(和紙). Origami sudah menjadi aspek yang penting dalam perayaan-perayaan di Jepang sejak periode Heian. Jimat yang dipercaya dan dibawa oleh para Samurai (noshi) pun juga berupa origami. Selain itu origami kupu-kupu juga digunakan di dalam upacara perkawinan adat agama Shinto.

Dalam perkembangannya origami tidak hanya terpaku pada seni melipat kertas saja. Akan tetapi ada kalanya di dalam origami pun pengguntingan kertas terjadi untuk menciptakan bentuk bentuk baru yang tentu saja kreatif dan disersuaikan dengan perkembangan yang terjadi di masyrakat. Bentuk-bentuk yang bisa dihasilkan dari kertas ternyata bukan hanya bentuk-bentuk yang sederhana seperti pesawat, katak, atapun kincir angin seperti yang sudah kita kenal. Akan tetapi sampai hari ini kita bisa melihat bentukbentuk yang lebih menarik seperti bunga, dinosaurus, babi, jangkrik, ikan hiu, kimono maupun Gundam. learnjapanese

Anda dapat mendownload panduan membuat contoh origami (pdf) :

1.  Basic origami

2.  T-rex

3.  Kupu-kupu

4.  Bunga

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer