3 Oktober 2012

Sekilas tentang huruf-huruf yang dipakai dalam bahasa Jepang



Dalam bahasa Jepang terdapat paling tidak 3 jenis huruf yang dipakai yaitu Hiragana 平仮名, Katakana カタカナ, Kanji 漢字 , Misalnya  dalam kalimat berikut :

わたしはインドネシア人です

Watashi wa Indonesia jin desu
わたし は ~ です adalah huruf Hiragana
インドネシア adalah huruf Katakana
人 adalah huruf kanji yang berarti orang
 
Hiragana dan Katakana ini diciptakan oleh orang jepang untuk memudahkan menyerap karakter tulisan kanji yang pada awalnya berasal dari negeri China. Untuk lebih jelasnya  tentang huruf hiragana dan katakana. ini saya akan bahas satu persatu :
Huruf Hiragana

Huruf Higarana mulai dipakai diJepang sejak kira kira abad ke 9-10 masehi, yang merupakan penyerdehanaan dari huruf kanji yang berasal dari china misalnya huruf あ berasal dari huruf 安、huruf higarana dikenal juga sebagai huruf wanita, kerena coretannya halus dan lembut seperti halnya karakter wanita pada umumnya, sedangkan katakata dan kanji banyak di pakai oleh kaum laki laki Jepang pada masa itu. 

Katakana 

Huruf katakana banyak dipakai untuk menuliskan sesuatu yang asing atau sesuatu yang berasal dari Negara jepang , misalnya nama nama negara , orang asing , nama nama barang import , atau kata kata yang diserap dari bahasa asing. Sama dengan Hiragana cara belajarnya adalah dengan banyak latihan menulis, dengan menuliskan berkali kali satu persatu huruf tersebut diatas sesuai dengan urutan penulisan yang sudah ditetapkan. Biasanya belajar katakana dilakukan setelah menguasai huruf Hiragana , dan prekwensi penggunakan dalam bahasa Jepangpun tidak sebanyak Hiragana maka sering lupa dan salah dalam menuliskan kata kata asing yang diserap kedalam bahasa Jepang.
Kanji 漢字 

Huruf kanji berasal dari China,tapi ada juga beberapa huruf yang memang asli dari Jepang. Huruf kanji ini sangat banyak jumlah dan bervariasi dalam penulisannya.
Karena huruf kanji berasal dari China,maka cara membacanya pun ada dua yaitu : On yomi (cara baca cina) dan Kun yomi (cara baca jepang). Masing-masing huruf  kanji memiliki On yomi dan Kun yomi, tetapi ada juga huruf kanji yang hanya mempunyai On yomi-nya saja ataupun Kun yomi-nya saja.
Cara penggunaan On yomi dan Kun yomi :
  • On yomi 
Pembacaan dalam On yomi biasanya dibaca bila 2 atau lebih kanji yang digabungkan
Contoh :         

大学 dibaca : Daigaku (だいがく) yang artinya Perguruan Tinggi/Universitas.
Info masing-masing Kanji : 


On yomi    = dai (だい)
Kun yomi  = oo-kii (おおーきい)
Arti :   Besar

On yomi     = gaku (がく)
Kun yomi   = mana-bu (まな-ぶ)
Arti :  Belajar
  • Kun yomi 

Pembacaan Kun yomi biasanya dibaca saat kanji tersebut berdiri sendiri ataupun biasanya ditambah dengan huruf hiragana.
Contoh :         

大きい dibaca : Ookii (おおきい) yang artinya besar. 
 
Tips untuk menghafal kanji : 
Belajarlah huruf huruf kanji dasar dari yang paling sedikit coretannya dan menuliskannya berkali kali kalau perlu sehari 100 kali menulis 3-5 huruf kanji agar tangan dan mata terbiasa dengan hurup kanji tersebut, bila dipikir sehari kita berlatih 3-5 huruf kanji dalam satu tahun logikanya kita akan menguasai lebih dari 1000 karaktek kanji, masalahnya kalau hanya belajar huruf kanji saja tanpa belajar tatabahasa dan percakapan bahasa jepang, kemampuan berbahasa kita akan pincang dan tidak berkembang jadi sebaiknya berbarengan antara huruf, tatabahasa, dan percakapan sehingga kemampuan berbahasanya seimbang.  
Belajar bahasa jepang sambil menuliskannya dalamhuruf Jepangnya dan jangan sekali kali menuliskannya dengan huruf romawi karena akan mengurangi kemampuan kita mengingat dan menulis kanji yang dipelajari. learn

0 comments:

Poskan Komentar

Populer