Translate

Perusahaan Jepang di Indonesia Serap Calon Perawat Alumni IJEPA

Perusahan Jepang di Indonesia berminat menyerap para perawat alumni Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) yang tidak lolos ujian nasional di Jepang.

“Perusahaan tidak begitu mempermasalahkan latar belakang keahlian pelamar karena posisi yang ditawarkan adalah sebagai interpreter bagi expatriat Jepang”, ujar Rini Purwandari, Personnel & GA PT Indonesia Nippon Seiki salah satu peserta job fair yang diselenggarakan Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan dan Kedutaan Besar Jepang Jakarta Selasa (27/11).

Menurut Rini, Perusahaan menginginkan calon karyawan yang memiliki keunggulan berupa kemampuan berbahasa Jepang dan telah terbiasa bekerja dalam kultur Jepang. Hal ini akan memudahkan  interaksi sehari-hari karena telah akrabnya dengan kebiasaan, sopan santun dan budaya orang Jepang.

Hal senada diungkapkan Dian Afellia dari Toyota Tsusho Indonesia yang membutuhkan alumni farmasi. Pertimbangan lain adalah para perawat ini telah terbiasa bekerja dengan peralatan medis Jepang sehingga selaras dengan kebutuhan laboratorium Toyota Tsusho yang banyak menggunakan peralatan buatan Jepang. Sementara itu PT Itochu Indonesia dan PT Indopherin Jaya juga berminat pada kandidat yang berkemampuan bahasa Jepang sebagai sales.

Sementara, Drg. Tritarayati, SH, Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan menjelaskan, “Pemerintah appreciate dan memiliki tanggung jawab terhadap alumni program IJEPA yang kembali ke Indonesia. Apalagi mereka memiliki potensi skill berupa kemampuan bahasa Jepang, penguasaan teknologi canggih, disiplin dan etos kerja tinggi.”

Sehingga melalui job fair kali ini diharapkan membuka peluang berkarir kembali bagi alumni IJEPA. Apabila belum terserap oleh rumah sakit, diharapkan mereka bisa mengisi posisi tenaga kesehatan di klinik-klinik perusahaan maupun mencoba bidang lain.

Bertempat di auditorium Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Jalan Hang Jebat III Jakarta pada Selasa (27/11), job fair ini diikuti oleh sebanyak 28 perusahaan Jepang di Indonesia. Hallo

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer