Translate

Ueno Katsujiro Pererat Indonesia-Jepang Lewat Pendidikan


Eratnya hubungan Indonesia dan Jepang, tidak hanya terbatas di bidang ekonomi dan budaya, namun juga di bidang pendidikan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan hubungan tersebut, diantaranya seperti yang dilakukan Ueno Katsujiro, pengajar senior bahasa Jepang di Indonesia, dengan menjadi pembicara dalam seminar pendidikan di Sumenep, Madura.

“Hubungan Indonesia dan Jepang, tidak dapat dipertahankan hanya dengan kegiatan senang-senang. Warga Jepang juga harus lebih melibatkan diri ke lingkungan dan kehidupan warga Indonesia, serta saling bertukar pendapat,” ujar Ueno.

Ueno, yang sampai sekarang aktif mengajar bahasa dan budaya Jepang kepada para pekerja magang Indonesia, awalnya diundang oleh muridnya untuk berkeliling ke sejumlah daerah di Indonesia mengajar dan menjadi pembicara dalam seminar pendidikan.

Undangan untuk menjadi pembicara seminar kemudian semakin banyak datang setelah dirinya menulis blog berbahasa Indonesia mengenai pendidikan dan motivasi, termasuk di Sumenep.

Ueno bahkan pernah diundang menjadi bintang tamu dalam acara bincang-bincang di RRI Sumenep, dan membagi rahasia untuk menjadi pendidik yang baik dan berkualitas di Universitas Gadjah Mada (UGM) saat Jogjakarta Japan Week pada Juli silam.

“Mula-mula harus diterapkan kepada setiap guru, bahwa mereka tidak hanya mengajarkan ilmu kepada murid, tapi juga harus membentuk karakter setiap anak,” ujar Ueno. Hallo

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer