Translate

Mobil DUBES Jepang Untuk Cina Diserang di Beijing!

Pemerintah Cina Senin (27/08) mengungkapkan penyesalan atas serangan, yang dilakukan seorang pria terhadap mobil Duta Besar Jepang Niwa Uchiro di Beijing, dan merobek bendera Hinomaru yang ada di depan mobil, ungkap Kedutaan Besar Jepang di Beijing.

Niwa tidak terluka saat terjadi serangan, ujar pejabat kedutaan, dan menambahkan pejabat lain yang ikut dengannya, Yamazaki Kazuyuki Minister di Kedubes Jepang, seorang penterjemah, dan supir, juga tidak terluka.


Kedubes Jepang di Cina dalam pres rilisnya menjelaskan, Minister Horinouchi Hidehisa telah mengajukan protes keras kepada Luo Zhaohui, Direktur Jenderal Urusan Asia Kementerian Luar Negeri Cina, dan Luo menyatakan sangat menyesal atas peristiwa itu, dan menyatakan Cina akan berupaya mencegah terulangnya kejadian serupa di masa depan, serta menyelesaikan masalah ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Kementerian Luar Negeri Cina menyatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan penyelidikan, dan akan memberikan perlindungan kepada kedutaan besar asing, beserta personilnya.

Mengenai rincian kejadian, Kedutaan Besar Jepang menyatakan, setidaknya ada dua mobil yang memaksa mobil duta besar untuk berhenti, dengan membuntuti, dan selanjutnya melakukan pengereman tiba-tiba. Seorang pria kemudian keluar dari salah satu mobil, dan merobek bendera Jepang yang terpasang di depan mobil.

Selanjutnya Kedubes Jepang melaporkan kejadian itu kepada Kepolisian setempat, serta ciri-ciri para pelaku, perkiraan usia, nomor polisi mobil yang dikendarai, dan gambar mobil pelaku yang diambil staf kedubes.

Peristiwa serangan terjadi sekitar pukul 4 petang, ketika Dubes Niwa hendak kembali ke Kedubes Jepang.

Di Tokyo, Pejabat Pemerintah mengungkapkan perlunya untuk melakukan tindakan pencegahan, agar situasi yang sudah tegang antara kedua negara tidak menjadi lebih buruk, dengan menahan diri untuk tidak mengajukan protes kepada Kedutaan Besar Cina di Tokyo pada Senin malam.
  
Seorang Pejabat senior Kementerian Luar Negeri Jepang menekankan, perlunya dilakukan tindakan pencegahan, agar tidak mempengaruhi gambar besar hubungan kedua negara.

"Seandainya Dubes Niwa terluka, maka situasinya akan sangat tidak terbayangkan, jadi saya sangat berlega hati karena dia tidak terluka," ujar sumber Kyodo News.

Kementerian Luar Negeri berencana menuntut Pemerintah Cina agar melakukan penyelidikan terhadap kasus serangan, dan di sisi lain meminta Beijing untuk menjamin keselamatan warga Jepang di Cina. [hallo jepang]

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer