Tentu kita semua tahu mengenai mesin penjual otomatis di Jepang. Dikala
kita haus, dimana saja kita dapat menemukan mesin ini untuk membeli
minuman dingin atau hangat. Tidak hanya minuman, tapi rokok dan eskrim
juga tersedia. Berikut adalah kumpulan foto-foto dari Jidouhanbaiki yang penulis potret sewaktu berada di Jepang.
Namun, dari mesin-mesin penjual otomatis tersebut, terdapat pula mesin penjual otomatis atau yang biasa disebut Jidohanbaiki
itu dengan balutan teknologi terkini. Di bawah ini terdapat beberapa
mesin penjual otomatis yang telah dilengkapi dengan teknologi saat ini. berikut adalah berbagai macam Mesin Penjual Otomatis di Jepang (Jidouhanbaiki)
Mesin penjual Es krim |
Mesin penjual Rokok |
Mesin penjual minuman touch screen
Mesin Penjual Payung
Mesin Penjual Tisu
Mesin Penjual Baterai
Mesin Penjual Bunga Segar
Mesin Penjual Telur
Meisn Penjual Bensin (BBM)
Mesin Penjual Pakaian Dalam (Lingerie)
Coke Vending Machine TouchScreen
Mungkin kebanyakan mesin penjual otomatis di Jepang masih harus menggunakan tombol untuk mengoperasikannya. Namun, ternyata terdapat mesin lain yang menggunakan layanan layar sentuh untuk mengoperasikan atau membeli suatu barang. yang paling baru adalah mesin penjual minuman touch screen. Kelebihan nya, mesin ini memiliki kamera yang ketika kita berdiri di depan nya, mesin ini dapat menawarkan minuman sesuai dengan usia kita.
Mesin penjual otomatis ini dilengkapi dengan layar yang lebar dan LCD touch panel di bagian tengahnya. Mesin ini memiliki tinggi 1 meter dengan lebar layar 57 cm. LCD touch panelnya berukuran 46 inci.
Wi-Fi Vending Machine
Sebuah perusahaan minuman bernama Asahi menciptakan suatu mesin penjual otomatis yang dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi. Wi-Fi yang dikeluarkan oleh mesin ini dapat ditangkap perangkat eletronik seperti handset dengan batas maksimal 50 meter.
Akses Wi-Fi tersebut tidak dipungut biaya, namun setiap orang yang mendapatkan sinyal Wi-Fi ini hanya dapat menggunakan fasilitas ini selama 30 menit saja dan mesin tersebut akan memutuskan sinyal yang diterima perangkat lain secara otomatis. Untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi kembali, pengguna handset hanya perlu login kembali seperti awalnya.
Mesin ini telah disebarkan di Tokyo, Sendai, Chubu, Kinki, dan Fukuoka sejak awal tahun 2012 lalu. Asahi juga merencanakan untuk menciptakan kurang lebih 10 ribu mesin sejenis lagi untuk disebarkan di seluruh pelosok Jepang.
Coca-Cola ultra-energy-saving
Mesin penjual otomatis
ini lahir hasil kerjasama dari Coca-Cola dengan Fuji Electric Retail
Systems. Secara tampilan, mesin ini tidak berbeda dengan mesin penjual
otomatis lainnya. Namun yang menjadikan mesin ini unik adalah
minuman-minuman di dalam mesin ini akan tetap dingin tanpa harus
mengambil energi mesin untuk mendinginkan suhu di dalamnya.
Minuman di dalam mesin yang dinamakan A011 ini akan tetap dingin sampai 16 hari lamanya. Menurut Slashgear.com,
Coca-Cola merencanakan untuk menguji coba mesin barunya ini di daerah
paling panas di Jepang yaitu Tajimi, Gifu dan Kumagaya, Saitama, tanggal
2 Juli mendatang.
History
Mesin penjual otomatis atau dalam istilah
bahasa Jepang dikenal dengan Jidouhanbaiki tersebar merata diseluruh
Jepang. Kata jidouhanbaiki, jika diartikan pisah pisah dapat berarti jidou artinya otomatis, hanbai artinya penjualan dan ki
diartikan sebagai mesin. Berdasarkan penelusuran saya, sejarah
jidouhanbaiki di Jepang ternyata sudah sangat panjang, dimulai dari
tahun 1988 atau meiji 21 dalam tahun Jepang.
Jidouhanbaiki yang pertama kali dikenalkan ke publik tahun 1988 adalah jidouhanbaiki yang menjual rokok atau disebut tabakojidouhanbaiki. Tahun 1904 dikenalkan jidouhanbaiki untuk menjual perangko, nah jidouhanbaiki untuk perangko ini sampai saat ini masih ada dan tersimpan di museum komunikasi atau teishinsougouhakubutsukan dan dianggap sebagai jidouhanbaiki yang mewakili generasi pertama, museum komunikasi ini terletak di Tokyo.
Jidouhanbaiki yang pertama kali dikenalkan ke publik tahun 1988 adalah jidouhanbaiki yang menjual rokok atau disebut tabakojidouhanbaiki. Tahun 1904 dikenalkan jidouhanbaiki untuk menjual perangko, nah jidouhanbaiki untuk perangko ini sampai saat ini masih ada dan tersimpan di museum komunikasi atau teishinsougouhakubutsukan dan dianggap sebagai jidouhanbaiki yang mewakili generasi pertama, museum komunikasi ini terletak di Tokyo.
Sebagai
bagian dari cara penjualan, jidouhanbaiki bukanlah sekedar mesin
penjual otomatis tetapi juga merupakan sebuah strategi. Karena
kedudukannya yang begitu penting sampai ada asosiasi khusus yang
mengelola jidouhanbaiki di Jepang, salah satu contohnya adalah Japan
Automatic Merchandising Association atau sering disingkat JAMA. Survei
tentang jidouhanbaiki misalnya tentang jumlah jidouhanbaiki di Jepang
juga secara rutin dilakukan. Sebagai contoh, tahun 2000 jumlah
jidouhanbaiki di Jepang ada sekitar 5.600.000 unit.
Tahun 2007 turun menjadi 5.450.000 unit. Tahun 2008 jumlahnya semakin menurun yaitu sekitar 5.260.000 unit. Nilai penjualan jidouhanbaiki diseluruh Jepang tahun 2000 mencapai 700.000.000 yen. Pada tahun 2008 turun menjadi 570.000.000 yen. Meskipun secara kuantitas dan nilai penjualan jidouhanbaiki seluruh Jepang jumlahnya terus menurun tapi perannya dalam penjualan produk tidak bisa dipandang sebelah mata. Jidouhanbaiki tetap merupakan salah satu strategi yang efektif.
Tahun 2007 turun menjadi 5.450.000 unit. Tahun 2008 jumlahnya semakin menurun yaitu sekitar 5.260.000 unit. Nilai penjualan jidouhanbaiki diseluruh Jepang tahun 2000 mencapai 700.000.000 yen. Pada tahun 2008 turun menjadi 570.000.000 yen. Meskipun secara kuantitas dan nilai penjualan jidouhanbaiki seluruh Jepang jumlahnya terus menurun tapi perannya dalam penjualan produk tidak bisa dipandang sebelah mata. Jidouhanbaiki tetap merupakan salah satu strategi yang efektif.
Secara gampang paling tidak ada 4 keunggulan dari metode jidouhanbaiki ini. Misalnya saja, memenuhi konsep menjual dimana saja.
Jidouhanbaiki bisa diletakkan dimana saja sesuka yang mau jual.
contohnya saja dipinggir jalan, tempat parkir, perempatan jalan, gang
gang kecil, depan toko, dalam terminal – bandara – stasiun dan masih
banyak lagi. Selanjutnya mendekati konsumen, saya ambil contoh
dilereng jalur pendakian gunung fuji tersedia jidouhanbaiki. Soal ini
saya tidak bohong, dilereng atau jalur pendakian gunung fuji terdapat
juga jidouhanbaiki meskipun konsekuensinya harganya jauh lebih mahal,
sekitar 3-4 kali harga normal. Ini adalah upaya untuk mendekatkan diri
pada konsumen, biar gampang diakses atau dibeli. Yang ketiga, konsep cost down dalam penjualan.
Contoh kongkritnya saja jidouhanbaiki tidak perlu ditunggui, sudah
biarkan saja ditepi jalan. Karena tidak perlu ditunggui tentu saja biaya
penjual secara otomatis hilang.
Sistem kelistrikan jidouhanbaiki juga sudah sangat efektif, contohnya saja ketika tidak ada pembeli di depan mesin maka lampunya cuman remang remang atau kelap kelip saja. Begitu ada yang datang secara otomatis lampunya nyala terang banget seolah olah bilang wellcome gitu hehehe. Selanjutnya, 24 hours 7 days open. Yah, buka 24 jam tidak pernah libur menjual terus menerus. Kecuali untuk rokok, bir dan osake karena untuk ketiga produk ini jam jidouhanbaiki dibatasi yaitu secara otomatis akan mati dari jam 11 malam sampai jam 5 pagi.
Sistem kelistrikan jidouhanbaiki juga sudah sangat efektif, contohnya saja ketika tidak ada pembeli di depan mesin maka lampunya cuman remang remang atau kelap kelip saja. Begitu ada yang datang secara otomatis lampunya nyala terang banget seolah olah bilang wellcome gitu hehehe. Selanjutnya, 24 hours 7 days open. Yah, buka 24 jam tidak pernah libur menjual terus menerus. Kecuali untuk rokok, bir dan osake karena untuk ketiga produk ini jam jidouhanbaiki dibatasi yaitu secara otomatis akan mati dari jam 11 malam sampai jam 5 pagi.
Dilihat
dari peruntukannya, ada bermacam macam jenis jidouhanbaiki. Misalnya
saja jidouhanbaiki untuk menjual minuman, karcis, permen, koran, rokok,
bir, osake dan masih banyak lagi.
Untuk produk produk umum yang bisa dikonsumsi oleh segala umur biasanya dipakai uang kertas maupun koin. Untuk produk yang dibatasi oleh aturan khusus misalnya rokok, bir atau osake meskipun saya masih menemui jidouhanbaiki yang cara pembayarannya dengan uang tunai tapi jumlahnya dari ke hari semakin sedikit, diganti oleh jidouhanbaiki yang cara pembayarannya memakai kartu khusus yang untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat tertentu. Bahkan saat ini sedang dikembangkan jidouhanbaiki dimana pembeli harus memasukkan SIM. Metode ini dikembangkan untuk menanggulangi penyalahgunaan jidouhanbaiki oleh pembeli dibawah umur.
Untuk produk produk umum yang bisa dikonsumsi oleh segala umur biasanya dipakai uang kertas maupun koin. Untuk produk yang dibatasi oleh aturan khusus misalnya rokok, bir atau osake meskipun saya masih menemui jidouhanbaiki yang cara pembayarannya dengan uang tunai tapi jumlahnya dari ke hari semakin sedikit, diganti oleh jidouhanbaiki yang cara pembayarannya memakai kartu khusus yang untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat tertentu. Bahkan saat ini sedang dikembangkan jidouhanbaiki dimana pembeli harus memasukkan SIM. Metode ini dikembangkan untuk menanggulangi penyalahgunaan jidouhanbaiki oleh pembeli dibawah umur.
No comments:
Post a Comment