Jembatan Akashi Kaikyo merupakan jembatan di Jepang yang memiliki
panjang 1.991 meter, sedangkan Jembatan Selat Sunda memiliki panjang 2,2
kilometer.
Dia mengatakan, dengan hadirnya Jembatan Kaikyo tersebut, sedikit akan memudahkan proses pembangunan dari Jembatan Selat Sunda nantinya. Mulai dari design hingga proses konstruksi.
"Karena sudah ada lesson learned yang bisa dipetik dengan bentangannya mirip dengan JSS otomatis orang yang akan membangun ini akan lebih pede karena ada contohnya. Kita di engineering begitu kalau ada contohnya itu kita lebih pede, jadi kita bisa menekan resiko," paparnya.
Dia juga mengatakan, proyek Jembatan Selat Sunda ini memiliki tantangan yang luar biasa sejak awal design, FS hingga pada saat nanti sudah beroperasi. Karena banyak resiko dan tahap yang perlu dikaji lebih dalam pada proyek ini.
"Tantangannya luar biasa dari designnya, lebih sulit. Termasuk tantangan kalau sudah operasional. Lingkungan laut itu lebih korusif, harus ada perawatan dan SOP yang baik," pungkasnya. Detik.com
Dia mengatakan, dengan hadirnya Jembatan Kaikyo tersebut, sedikit akan memudahkan proses pembangunan dari Jembatan Selat Sunda nantinya. Mulai dari design hingga proses konstruksi.
"Karena sudah ada lesson learned yang bisa dipetik dengan bentangannya mirip dengan JSS otomatis orang yang akan membangun ini akan lebih pede karena ada contohnya. Kita di engineering begitu kalau ada contohnya itu kita lebih pede, jadi kita bisa menekan resiko," paparnya.
Dia juga mengatakan, proyek Jembatan Selat Sunda ini memiliki tantangan yang luar biasa sejak awal design, FS hingga pada saat nanti sudah beroperasi. Karena banyak resiko dan tahap yang perlu dikaji lebih dalam pada proyek ini.
"Tantangannya luar biasa dari designnya, lebih sulit. Termasuk tantangan kalau sudah operasional. Lingkungan laut itu lebih korusif, harus ada perawatan dan SOP yang baik," pungkasnya. Detik.com
No comments:
Post a Comment