Translate

Jepang & Indonesia Kerjasama Hadapi Bencana Alam



Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang (Soumoshou) bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menyiapkan program pertukaran informasi dan teknologi untuk menghadapi serta mengurangi resiko bencana alam.
Kerjasama ini ditandatangani Ministry of Internal Affairs and Communication Global ICT Business Promotion Office Director Nakayama Hiroshi dan Direktur Telekomunikasi Khusus,Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kemenkominfo Woro Indah Widiastuti, pada hari Senin (22/10), sebagai salah satu rangkaian acara The 5th United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR) di Jogja Expo Center.


Dalam kesempatan yang sama, Nakayama memperkenalkan teknologi yang digunakan Jepang saat terjadinya bencana 11 Maret silam, salah satunya “one-seg”, yakni siaran televisi yang dapat dilihat melalui telepon.

Dengan teknologi ini, para korban bencana yang terkena pemadaman listrik dapat memperoleh informasi terbaru dari televisi melalui ponsel mereka.  Karena mudah dan praktis, “One-Seg” akan menjadi salah satu teknologi yang akan digunakan di Indonesia, saat terjadi bencana.

“Salah satu yang kami pelajari dari bencana 11 Maret adalah, memperoleh cara yang tepat untuk menyelamatkan diri secepatnya dari terjangan tsunami,” ujar Nakayama. “Teknologi ‘one-seg’ telah sangat membantu para warga yang terkena dampak bencana.”

Sementara Woro menyatakan, selama ini pemerintah telah mempersiapkan sejumlah skenario untuk mengurangi resiko bencana, seperti gempa, tsunami, atau gunung meletus, mulai dari pengumpulan data hingga penyuluhan di sejumlah daerah. Namun, minimnya teknologi di beberapa wilayah di Indonesia menyulitkan penyebaran informasi.

UNISDR dilaksanakan mulai tanggal 22-25 Oktober, dan dihadiri perwakilan dari 49 negara, dengan agenda utama membahas dampak dan kerugian bencana di seluruh negara. Setiap tahunnya UNISDR menghasilkan sejumlah kesepakatan kerjasama yang dapat mengurangi jumlah korban bencana di setiap negara, khususnya di wilayah Asia. Hallo

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer