Translate

Menteri Kehakiman Jepang Mundur Karna Dekat Dengan Yakuza


Menteri Kehakiman Tanaka Keishu Selasa (23/10) mengumumkan pengunduran diri, setelah tersebarnya info mengenai skandal dana politiknya dan kedekatannya dengan Yakuza.

Tanaka mundur dari Kabinet tiga pekan setelah dilantik menjadi Menteri Kehakiman, dan Perdana Menteri Noda Yoshihiko menyatakan dirinya bertanggung jawab atas penunjukkan Tanaka.

"Saya bertanggung jawab atas pengangkatan Menteri yang tidak mampu memenuhi kewajibannya," ujar PM Noda kepada media dikantornya.

 就任わずか23日・・・田中法務大臣「体調不良」で辞任(12/10/23)

Namun Noda menambahkan, "Kami, para anggota kabinet akan melaksanakan tanggung jawab dengan bekerja sama sebagai satu kesatuan," dan mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan pemerintahan.

Mundurnya Tanaka, terjadi saat tingkat dukungan terhadap Kabinet PM Noda sekitar 20 persen, menurujuk pada sejumlah hasil polling media yang dirilis belum lama ini.

Selain itu, kubu oposisi mengecam PM Noda, terkait dimasukkannya Tanaka dalam Kabinet, yang dinilai sebagai balas budi karena telah membantu Noda kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat (Minshu To/DPJ) pada akhir bulan September.

Tapi Sekretaris Kabinet Fujimura Osamu menyatakan, mundurnya Tanaka dipicu oleh kondisi kesehatannya yang memburuk.

"Itu karena masalah kesehatan, dan diluar kontrol siapapun," ungkap Fujimura dalam konferensi pers untuk mengumumkan pengunduran diri Tanaka.

Tanaka masuk dalam kabinet, setelah dilaksanakannya reshufle pada 1 Oktober silam, yang ditujukan untuk meningkatkan dukungan publik terhadap pemerintah.

Namun, Tanaka (74 tahun) masuk rumah sakit sejak Jumat pekan silam, dan keluar Senin (22/10) silam, karena mengeluh sakit di bagian dada, setelah disoroti keterlibatannya dalam sejumlah skandal.

PM Noda menyatakan segera menunjuk pengganti Tanaka, ungkap sejumlah stafnya dan akan diumumkan sebelum dimulainya sesi sidang luar biasa parlemen, Senin pekan depan.

Dan sampai pejabat baru diumumkan, untuk sementara posisi Menteri Kehakiman dirangkap Kodaira Tadamasha, Ketua Komisi Keselamatan Publik Nasional.

Kritik kubu oposisi kemungkinan akan membuat pemerintahan PM Noda kesulitan mendapatkan bantuan untuk meloloskan sejumlah rancangan undang-undang di parlemen yang terbelah.

Ishiba Shigeru, Sekretaris Jenderal Partai Liberal Demokrat (Jimin To/LDP) dalam konferensi pers menyatakan, "Meski ia (Tanaka) berhenti, itu belum bisa disebut penutupan."

Ishiba juga menyatakan, partainya akan berupaya membuat publik paham kabinet yang memerintah saat ini tidak punya kemampuan untuk memimpin pemerintahan.

Sementara Tanaka menjelaskan, "Saya berniat memenuhi tanggung jawab yang diberikan, namun kondisi fisik tidak memungkinkan saya melakukan hal itu."

Salah seorang kawan dekat Tanaka mengungkapkan, pada Selasa pagi ia menyatakan, selama di rumah sakit saya memikirkan rencana pengunduran diri, dan akhirnya mengambil keputusan pada Senin malam, setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan para anggota parlemen.

Sejumlah anggota parlemen asal DPJ menyatakan, pemerintah tidak akan mampu meloloskan Rancangan Undang-undang penting, jika Tanaka bertahan di kabinet.

Tanaka merupakan Menteri kedua yang menyerahkan surat pengunduran diri sejak Noda Yoshihiko dilantik menjadi Perdana Menteri pada September 2011.

Pada 12 Oktober, Tanaka mengakui 30 tahun silam pernah membantu menyiapkan pesta pernikahan untuk anggota yakuza senior, dan menghadiri pesta yang diselenggarakan ketua organisasi kejahatan terorganisir.

Sebelum satu majalah mingguan menurunkan laporan mengenai keterkaitannya dengan anggota Yakuza, Tanaka sudah mendapat sorotan karena mendapat sumbangan untuk dana politiknya senilai 420,000 yen, dari warga asing pada periode 2006 sampai 2009, yang dinilai sebagai pelanggaran undang-undang pengawasan dana politik. Namun, kantornya menyatakan telah mengembalikan semua uang sumbangan dari warga asing. Hallo

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer