Translate

Osojiclub Ajak Pengunjung Jak-Japan Matsuri 2012 Sadar Jaga Kebersihan


Osojiclub, klub kebersihan di Jakarta, ajak pengunjung Jak-Japan Matsuri 2012 peduli terhadap kebersihan, melalui kegiatan memungut sampah.

Pada Jak-Japan Matsuri 2012 yang diselenggarakan di Monas, Minggu (30/09), Osojiclub berpartisipasi untuk pertama kalinya dan melakukan kegiatan memungut sampah di seluruh area Jak-Japan Matsuri.

"Ini pertama kali kami membuka stand di Jak-Japan Matsuri dan melalui kegiatan ini, kami berharap pengunjung dapat tergerak dan ikut menjaga kebersihan di area ini", tutur tutur Dessi Astuti, anggota Indonesia pertama Osojiclub kepada Halo Jepang.

Dalam Jak-Japan Matsuri, anggota Osojiclub bergantian berkeliling seluruh area untuk memungut sampah yang berserakan, dan menghimbau pengunjung untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Osojiclub didirikan Haishida Tsuyoshi, pada April 2012 silam, karena prihatin melihat sampah berserakan di Jakarta, dan minimnya kesadaran warga Indonesia tentang kebersihan.

"Klub ini memang masih baru, tapi kami sedang berusaha mengajak warga atau teman-teman lingkungan terdekat untuk bergabung dan lebih sadar kebersihan", ujar Dessi.

Pertama kali terbentuk, klub ini hanya beranggotakan warga Jepang di Indonesia yang prihatin dengan lingkungan Jakarta yang kotor.

"Saya berpikir, orang Jepang saja mau peduli dengan lingkungan Indonesia, saya sebagai orang Indonesia jadi terdorong untuk bergabung", ungkap Dessi, yang juga sebagai juru bicara Osojiclub.

Klub yang masih berumur sekitar 5 bulan ini, menggelar kegiatan memungut sampah di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan setiap 2 kali seminggu pada hari Minggu.

Selain memungut sampah, Osojiclub yang sekarang baru berjumlah sekitar 40 orang ini juga memilah sampah sesuai jenisnya menggunakan karung.

"Kami sengaja tidak menggunakan plastik, karena plastik juga tidak baik untuk lingkungan. Selain bersih-bersih kami sebenarnya juga ingin menghimbau pengunjung di sana untuk menjaga kebersihan melalui kegiatan kami", ungkapnya.

Menurut Dessi, banyak masyarakat Indonesia yang tidak peduli terhadap sampah dan biasanya harus terlebih dulu dihimbau baru keluar inisiatifnya.

"Kami berharap akan semakin banyak partisipan yang ikut dalam klub ini, dan melalui hal kecil ini diharapkan dapat membuka kesadaran masyarakat Indonesia untuk membuang sampah pada tempatnya. HALLO

ini dikhususkan untuk yang buang sampah sembarangan kmarin pas acara JAK-JAPAN! MEMALUKAN!!! :P

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer