Translate

Indonesia - Jepang Membahas Masalah Laut Cina Selatan


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Jepang Noda Yoshihiko, Selasa (20/11), membicarakan masalah Laut Cina Selatan dalam East Asia Summit yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Presiden AS Barack Obama, Presiden Yudhoyono mengungkapkan keprihatinan terhadap masalah di Laut Cina Selatan, dan berharap dapat menemukan penyelesaian yang dapat memuaskan semua pihak.

“Masalah Laut Cina Selatan dapat mengganggu kestabilan politik serta ekonomi tidak hanya di wilayah Asia Timur, tapi juga di ASEAN, tentu saja kita semua mengharapkan solusi yang dapat menyenangkan semua pihak, sehingga pertemuan regional rutin seperti ini menjadi sangat penting,” ujar Presiden Yudhoyono yang dikutip juru bicara kepresidenan Teuku Faizasyah.

Presiden Yudhoyono juga berharap masalah Laut Cina Selatan tidak mempengaruhi hubungann yang terjalin dengan baik antara Indonesia dengan negara lain yang terlibat, seperti Cina dan Filipina.

Sedangkan PM Noda mengungkapkan, meskipun ketegangan antara Jepang dan Cina masih berlanjut, dirinya berharap masalah tersebut tidak memberikan efek negatif terhadap negara di sekitarnya terutama kawasan ASEAN, khususnya Indonesia.

“Banyaknya masalah yang terjadi di kawasan Asia Timur dan ASEAN harus dicari pemecahannya, kita tidak bisa terus membiarkan masalah ini berlanjut dan berkembang menjadi masalah baru,” ujar PM Noda, yang didampingi Menteri Luar Negeri Gemba Koichiro.

Sementara saat disinggung mengenai hubungan Indonesia-Jepang, Teuku menyatakan untuk selanjutnya kedua negara sepakat untuk lebih mempererat kerjasama di bidang penanganan bencana.

“Tidak hanya Indonesia, Jepang juga akan mempererat kerjasama di bidang penanganan bencana dengan negara ASEAN lainnya, karena memiliki keadaan geografis yang serupa dan rawan terjadi bencana alam,” ujar Teuku. Hallo Jepang

No comments:

NEW POST

グレースの履歴 - History of Grace

グレースの履歴  - History of Grace Grace no Rireki グレースの履歴 Tersedia untuk streaming di jaringan resmi, NHK Jepang untuk penduduk Jepang. Acara ini ...

Postingan Populer